Wednesday, November 01, 2006

Akibat Kurang Tidur

Banyak orang menganggap kurang tidur merupakan hal biasa padahal menurut sebuah penelitian dari Universitas Pennsylvannia, kekurangan tidur sama berbahaya dengan tidak tidur.

Para peneliti menemukan orang yang tidur hanya empat sampai enam jam per malam bereaksi lebih lambat dibanding mereka yang tidur selama delapan jam. Kondisi ini juga sama pada mereka yang tidak tidur selama dua malam walaupun mereka mengatakan tidak merasa lelah padahal ini adalah awal dari sebuah masalah.

Menurut penelitian orang dewasa membutuhkan tidur selama delapan jam dalam satu hari. Jumlah ini akan bervariasi dari satu orang ke orang lain tergantung jumlah kegiatan yang dilakukan.

Penelitian yang dilakukan pada 48 orang dewasa sehat yang berumur 21 sampai 38 tahun, usia dimana paling dikaitkan dengan kekurangan tidur akibat tuntutan pekerjaan.

Kekurangan tidur mungkin tidak terlalu berpengaruh pada penampilan rutinitas sepanjang hari namun dapat memicu masalah fisik seperti:

Obesitas: Tidur memegang peranan dalam kemampuan tubuh untuk mengeluarkan neurohormon karena ketika jumlah pengeluaran hormon menurun, kesempatan bertambah berat badan meningkat.

Tekanan darah: Tekanan darah secara alami akan turun selama tidur. Namun akibat kekurangan tidur dapat memicu hipertensi dan masalah kardiovaskular.

Diabetes: Kemampuan tubuh menggunakan insulin dapat terganggu akibat kekurangan tidur sehingga memicu diabetes.

Menurut National Sleep Foundation dalam sebuah polling tahun 2002 di Amerika ditemukan sebanyak 47 juta orang dewasa tidak mendapatkan jumlah minimal tidur yang mereka butuhkan setiap malam.

Naah...jangan sepelekan istirahat ya..Mari kita coba atur porsi bekerja dan istirahat kita sebaik mungkin agar terhindar dari penyakit di kemudian hari.

Info: Unknown milist

11 comments:

Dian Pawestri said...

oh no. saya bisa tidur sampai 3 hari berturut turut.. pantesan gula darahnya tinggi bener..

Paparazzi said...

terima kasih infonya... semoga bisa cukup tdur...
*menguap

Gex said...

owwhh my GOD
noooooo...

ternyata segitunya aKibat Kurang Tidur???

thx infona..
mdh2an bLum teLat

The said...

oooo....pantesan saya gemuk sekarang......ternyata kurang tidur.......thanx yah infonya , if you want to know me please add on facebook : Andrie 'G' Opozisie

thanx
SALAM INDONESIA RAYA

Lora eunike said...

ooowwgghh gt iiaahh??
terus,,kalloo kurang tidur gara2 ujian apaakaahh bisa tekanan darahnya turun dan gulah darahnya meningkat?

Lora eunike said...

i hOpe ur new information agains to my email

Tn.Nanang_hidayat chelsea said...

thanks ya bang, aku izin share ya,..

harianja said...

wewwwww.......
thax bwt infonya, brmanfaat bgt tuh..

rudi sitorus said...

trus klo tidur 4 jam sehari akibat nya apaa??

Pudjiharto Penulissemarang said...

Untuk orang yang biasa marah karena punya riwayat penyakit tekanan darah tinggi memang sebaiknya cukup tidur. Tapi masalahnya dijaman sekarang persoalan hidup yang sulit diatas membuat orang sulit tidur,solusinya: Berwudhu.Tenangkan pikiran dan pergilah menuju ranjang.

Pudjiharto Penulissemarang said...

Ada kalanya orang sulit tidur; solusinya sebelum tidur berwudhu dan hindarkan makanan pedas serta usahakan makan jangan terlalu kenyang dan dekat dengan waktu mau tidur.@ kiriman dari Jihar prakoso hp 0813 2714 1945